• Ukuran Polibag Lebih Besar, Kualitas Bibit Lebih Baik

    Polibag yang lebih

    besar menyediakan faktor tumbuh yg lebih memadai baik  sehingga bibit tumbuh lebih.  Polibag yang lebih besar menyediakan lebih banyak ruang, media, nutrisi, air, udara dan cahaya,  sehingga pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik.  Pada gambar diatas bisa diamati perbedaan pertumbuhan semaian kopi varietas Sigararutang yang  ditanam pada tanggal yang sama dengan ukuran polibag yang berbeda (10x15 cm dibanding 12,5x21 cm).  

    Manfaat Polibag yg lebih besar :
    1. Kualitas bibit lebih baik.  tanaman tumbuh lebih cepat, ukuran batang daun dan perakaran lebih besar, warna daun dan batang lebih  lebih hijau.
    2. Lebih cepat pulih ketika  di tanam di lapangan,  karena kandungan karbohidrat di dalam jaringan tanaman lebih bannyak  maka tanaman lebih mampu menghadapi stres ketika ditanam ke lapangan. 
    3. Lebih mampu bersaing dengan gulma.  bibir yang lebih subur dan tegar mampu tumbuh lebih cepat,  sehingga lebih mampu bersaing dengan gulma.
    4. Panen pertama lebih cepat.  dengan polibag lebih besar,  bibit bisa dipelihara lebih lama di persemaian sehingga ketika diindah ke lapangan bibit telah lebih besar,  lebih sehat, lebih subur,  sehingga lebih cepat berbunga dan berbuah  serta menghasilkan buah yang lebih berkualitas dan lebih banyak. 
    Ukuran polibag yang dibutuhkan semakin besar dengan semakin lama bibit bibnit akan dipelihara di persemaian.   Untuk bibit yang akan ditanam pada fase 6 pasang daun (sekiatar 6 bulan setelah dipindah dari perkecambahan) bisa menggunakan   polibag 10X15 cm,  sedangkan kalau mau di tanam pada fase 9 daun   bisa menggunakan polibag  12,5 X 21  cm  dan  kalau baru ditanam ketika 12 pasang daun  perlu polibag ukuran 20X30 cm.

    Hampir semua petani menyadari manfaat penggunaan polibag yang lebih besar,  namun karena beberapa hal masih banyak petani yang lebih memilih polibag kecil karena :

    1. Biaya:  polibag yang lebih besar memepukan biaya yang lebih besar untuk untuk polibag itu sendiri, Shading net , Persiapan lahan, Pupuk, dan biaya pemeliharaan
    2. Biaya pengangkutan dari persemaian ke lapangan
    3. Waktu yang tersedia terbatas:  tidak terlalu banyak manfaat penggunaan polibag yang lebih besar kalau akan segera ditanam.

0 komentar:

Posting Komentar