• VARIETAS KOPI ARABIKA UNGGUL

    VARIETAS KOPI ARABIKA UNGGUL

    Banyak sekali varietas  kopi  yang ada di alam,  namun secara  komersial  hanya empat varietas kopi yang populer,  yaitu  kopi Arabika,  kopi Robusta,  kopi Excelsa, dan kopi Liberica.    Kopi Arabika paling populer karena aroma dan rasannya  paling baik,  Kopi Robista disukai karena produksinnya tinggi,  tahan penyakit  dan hargannya murah,    walaupun secara rasa kalah  dibanding kopi arabika.  Kopi  Excelsa dan Liberika   produksinnya rendah sekali dan  lebih bannyak dimanfaatkan secara genetis untuk pemuliaan.      

    Sejarah kopi
    Untuk membuat cerita panjang menjadi pendek silahkan baca sejarah umum  kopi di   http://www.sca-indo.org/id/sejarah/

    Varietas Kopi Arabika
    Ada ratusan varietas kopi Arabika,  yang paling populer bisa dilihat di  http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_coffee_varieties.   Ratusan varietas tersebut,  secara  genetis bisa dikelompokkan menjadi empat jenis,  yaitu  : 

    1. Pertama Kopi Arabika yang belum    mengalami kawin silang,   contoh kelompok ini adalah Kopi Arabika Typica (Kopi Priangan,  Bergendal, Kalosi dsb),  Kent,  dan Bourbon
    2. Kedua Kopi Arabika yang telah mengalami persilangan  dengan sesama  kopi Arabika  untuk mendapatkan mendapatkan  jenis kopi Arabika  dengan produktifitas lebih tinggi,  biji lebih besar  dan berbagai sifat unggul lainnya ,  seperti  Caturra,  Cattuai,  Maragogype dan sebagainnya.
    3. Ketiga Kopi Arabika  yang telah disilangkan dengan varietas kopi lainnya  dengan tujuan untuk mendapatkan ketahanan pennyakit,  karena secara umum kopi arabika  kelompok pertama dan kedua sangat rentan terhadap berbagai hama dan pennyakit dibanding kopi varietas lain,  Persilangan  Kopi Arabika dengan Robusta  melahirkan jenis kopi Tim-tim(dari Timor Leste) dan Arobusta (dari Afrika). Persilangan kopi Arabika dengan Kopi Liberika menghasilkan kopi Lini S-288(India), di negara-negara penghasil kopi yang lain  banyak juga dilakukan persilangan-persilangan antar berbagai varietas kopi.   Persilangan  kopi Arabika  dengan  varietas lain tersebut menghasilkan  kopi dengan  kualitas hampir seperti  kopi Arabika  kelompok pertama  dan masih mewarisi ketahanan pennyakit dari kopi Robusta atau Liberika. 
    4. Walaupun  kualitasnya hampir  sebaik  kopi Arabika  kelompok pertama dan kedua,  silangan  kopi Arabika dengan varietas lain,  namannya juga silanngan   secara  mutu  kadanga masih kurang memuaskan,  sehingga  para peneliti  melakukan Persilangan Back Cross  dengan  Kopi  Arabika "asli" kelompok kesatu atau kedua,  sehingga menghasilkan kopi Arabika  kelompok  ke empat  yang memiliki kualitas Arabika  yang lebih konsisten.  Persilangan Lini S-288 dengan Kent,  menghasilkan kopi Lini S-795,  persilangan Tim-tim dengan Caturra atau Catuai  menghasilkan berbagai  kopi varieras Katimor  yang biasa disebut KT di Indonesia  sering disebut Kate,  karena  mewarisi  sosok Caturra  atau Catuai  yang bersosok kecil.  
    Varietas  Kopi Arabika yang Saya Tanam 
    Sebagai  pekebun,  tentu saja  saya tidak akan puas hannya dengan  mendiskusikan keunggulan masing-masing varietas,  saya harus mengamati secara langsung  baik  di kebun orang lain maupun di kebun sendiri,  saat ini  saya punya kebun yang terdiri dari sepuluh varietas  yang ditanam dalam blok-blok yang terpisah.   Benih yang disemai berasal dari kebun induk di daerah asalnya,  yang terdiri dari varietas :  yang sudah dilepas   Timtim(Aceh),  Kopyol(Bali),  Borbor(Aceh),  Lini S-795 (Jember dan Kintamani),   P-88(Aceh) Andung Sari 1(Jember),  Sigararutang (Sumut)  dan satu varietas  yang belum dilepas yaitu  Ateng Super(Aceh).

    Luas masing-masing varietas yang saya taman  tidak sama,   berurut dari yang paling luas   Sigararutang,  Lini S-795,  P-88,  Andungsari 1, Ateng Super,  Borbor,  Kopyol dan Timtim.  

    • Sigararutang  paling luas karena cocok untuk dikembangkan di daerah  Priangan,  paling cepat  panen (18 bulan dari tanam),  dari berbagai uji citarasa  kopi Sigararutang dari Priangan  memnghasilkan citarasa yang sangat baik.   
    • Lini S-795  saya tanam karena dari  berbagai sumber  baik dari dalam maupun luar negri dikenal sebagai  varietas kopi yang memiliki citarasa yang sangat baik  dan tahan penyalit karat daun.  
    • P-88  memiliki citarasa yang sangat baik  dengan ketahanan penyakit karat daun dan nematoda cukup  tahan
    • Andung Sari 1  dikenal sebagai  kopi  KT  yang memiliki  citarasa  sangat baik dan produksi tinggi.   







     

0 komentar:

Posting Komentar